01 Desember 2015

VIRUS YANG MERUBAH EXTENSION FILE JADI DOT VVV

File-file anda tiba-tiba berubah extension jadi .vvv (dot vvv) bersiap-siaplah anda dipusingkan dengan virus keluarganya ransomware ini, karena jenis virus ini bukan menyerang sistem komputer melainkan data,seperti  file Microsoft Office,gambar (jpg),file Autocad (dwg), file rar, file PDF dan masih banyak lagi.
Virus jenis ini menyebar lewat email palsu yg mengandung attachment virus dan bisa menyebar lewat jaringan.


Timbul pertanyaan
  • Jika komputer diinstal ulang apakah datanya bisa normal kembali ?
Jawaban
  • Tidak. File tetap terencrypt, namun virusnya akan hilang
Meskipun PC/laptop anda di install ulang ribuan kali, file yang sudah dienkripsi oleh virus jenis ini yang ditandai dengan berubahnya extensi file jadi dot vvv anda tidak akan bisa memulihkan data anda. mayoritas serangan virus ini rata-rata targetnya perkantoran.

Tanya
  • Apakah ada cara atau aplikasi yang bisa mengembalikan file yang sudah terencrypt ke file semula ?
jawab
Tanya
  • Apakah file yang sudah terencrypt mengandung virus ?
Jawab
  • Tidak, file yang sudah terencrypt jika di copy dan dibuka di komputer lain komputernya akan tetap aman
-----------------------------------
Sekian artikel kali ini. Hati-hatilah dengan email palsu, Salam service komputer sukabumi

UPDATE CARA MEMPERBAIKI FILE DOT VVV

46 komentar:

Sofhinda mengatakan...

ini terjadi di kantor saya , apakah sekarang sudah ada cara untuk mengbalikan file-file nya ?

Acenkcom mengatakan...

apakah sudah di coba disystem restore mba ?
atau pake aplikasi shadow explorer ?

Unknown mengatakan...

System restore itu gmn mksdnya gan?

Unknown mengatakan...

System Restore itu seperti Mengembalikan Systemnya ke Pengaturan Awal

Unknown mengatakan...

System Restore itu seperti Mengembalikan Systemnya ke Pengaturan Awal

Ndoliet'z mengatakan...

kalau Di restore/recovery system ke tanggal sebelumnya gimana, apa bisa balik data/yang terkena .vvv?

Ndoliet'z mengatakan...

maksudnya apa muncul kembali .vvv_nya?
klo di restore

Beqicot mengatakan...

kalo file yang terencripsi tersebut di buka di computer lain yang sehat tetap nggak bisa ya...

Unknown mengatakan...

Aduhhh hari ini saya mengalami... Yg punya solusi bagi dong..

Unknown mengatakan...

Aduhhh hari ini saya mengalami... Yg punya solusi bagi dong..

Unknown mengatakan...

insya Allah bisa mas/mba...
caranya seperti ini,
1. buka aplikasi tempat dimana file kita terinsfeksi virus itu, misalnya power point, excel, word atau lainnya.
2. setelah terbuka, klik kanan di shortcut aplikasi kita yang sedang aktif (biasanya di desktop paling bawah), terus akan terlihat file-file yang terakhir di buka.
3. buka file yang tidak berekstensi .vvv dan jika file yang kita butuhkan tidak ada maka arahkan kursor kita ke icon pin to this list (gambar paku pin) kemudian klik kanan dan remove satu persatu file disitu. setelah hilang filenya, maka akan digantikan dengan file yang lebih lama dibuka.
4. silahkan dilanjutkan untuk mencari file mas/mba yang hilang.

sekedar sharing karena baru saja kami mengalami hal yang sama.
Terimakasih. semoga bermanfaat.

Unknown mengatakan...

permisi mas....
sudah adakah cara untuk mengatasi hal tersebut?
saya sedang mengalaminya
tolong ya mas

Unknown mengatakan...

Mas lutfi Hamzah, saya sudah lakukan langkah dari agan, namun hasilnya tetap sama, alias nihil. pleaseee ada solusi yg lain ?

io mengatakan...

wanjrit.. ternyata ada juga yang kena... saya juga kena nihh.. solusinya gimana.. kasian kakak saya pengen kerja gabisa.. :3

vhifoe mengatakan...

samma, saya juga kena. ada yang sudah bisa perbaiki??

Unknown mengatakan...

toloooong fileku .vvv semua, apakah sudah ketemu solusinya

Unknown mengatakan...

Adakah cara lain untuk mnegembalikan ke file semula?

MAGNET KOMPUTER mengatakan...

waduuuhhhh...hari ini sangat menyebalkan gara virus ini
adakah cara mengembalikan file2 pentingnya
sapa sih yg bikin virus ni...sdh pasti masuk neraka

Liga Awning mengatakan...

Iya nih, virus kebangetan bikin data rusak..

Unknown mengatakan...

ampuuunnnnn,,, tolong dicarikan solusi yang ampuhh

Unknown mengatakan...

gen tolong bantuannya saya juga kena bsok mw sidang meja hijau pulak ini. tolong gan . pas kena laptop saya langsung saya istal ulang ternyata virusnya ilang tp data saya tidak kebali. mohon saran gen????

Steve mengatakan...

ini virus tidak menular, tapi langsung menyerang file2 di komputer yang terinfeksi dan langsung mengubah extension jadi .docx.vvv dan bukan sembarangan di rename nama filenya karena kalau dibuka di komputer lain dan diganti namanya menjadi .docx tetap tidak bisa dibuka karena filenya langsung di encrypt.

sementara hanya bisa membeli activation codenya ke si pembuat virus.

Unknown mengatakan...

apakah sudah ada solusinya? tgl 11 Des 2015 PC saya terserang virus ini, dan sampai hari ini aktivitas kerja saya masih lumpuh total
please help,,

Unknown mengatakan...

Udah ada yang bs perbaiki belum komp kantor saya kena ni.. Plis ini kerjaan paling penting

Unknown mengatakan...

Udah ada yang bs perbaiki belum komp kantor saya kena ni.. Plis ini kerjaan paling penting

Anonim mengatakan...

ditempat kerja q kena 3 computer virus ini, semua file berubah extensinya vvv gak bisa buka. solusinya apa ya

Acenkcom mengatakan...

Untuk saat ini team kami pun sedang berusaha mencari solusinya. mohon doanya saja.
Terimakasih juga buat mas Lutfi Hamzah dan teman2 yg sudah memberi masukan kepada kami.

Anonim mengatakan...

aduh nambah lagi jadi 4 PC yang kena tolong donk ada yang dah ketemu caranya kah

suratno mengatakan...

d tunggu solusi na gan

Acenkcom mengatakan...

mohon doanya saja.
untuk Endang Kurniawan. usahakan komputer/ laptop yang terkena virus malware ini jangan connect ke jaringan untuk menguragi korban.

Bapak mengatakan...

Kelihatannya virus jahat ini kado akhir tahun buat Indonesia. Saya terinfeksi tanggal 11 Des 2015. Cukup berhasil pakai malwarebytes untuk hilangkan penginfeksi. Tinggal mengembalikan file-file yang dienkripsi. Saya belum menemukan forum yang memuat testimoni keberhasilan hal ini.

Di saat seperti ini, biasanya teman-teman dari kampus punya solusinya. Mudah-mudahan dugaan saya benar.

Unknown mengatakan...

Gak kebayang kalau foto NIKAH Gak ada backupan.. terus terkena virus ini... weleh.. MASSA HARUS KAWIN LAGI...

Bapak mengatakan...

Deskripsi paling lengkap bisa dibaca di bleepingcomputer tapi tidak ada tool yang mampu mengembalikan file vvv yang terlanjur terinfeksi.

Beberapa tutorial menyarankan penggunaan System Restore tapi waspadalah karena virus sudah mengubah tanggal default menjadi waktu pertama kali komputer terinfeksi sehingga tidak ada gunanya menggunakan cara ini.

irwan suzuki mengatakan...

Berantakan pc saya gara2 virus ini.. moga2 ada cara penyelesaian nya & ngembaliin data2 yg terinfeksi virus ini..

Unknown mengatakan...

Tos kenging tacan Kang

Unknown mengatakan...

helep.....

Titan Rahadian mengatakan...

https://blogs.technet.microsoft.com/mmpc/2015/10/12/msrt-october-2015-tescrypt/

saya coba pake Talos TeslaCrypt Decryption Tool harus ada key.dat tapi nyari key nya ngga nemu2 ada yg bisa bantu

Guru Cool mengatakan...

Saya juga kena virus kurang asem ini... Rasanya seperti kemalingan laptop. Habis lah semua kerjaan 5thn.

Unknown mengatakan...

Lumpuh total kegiatan kantor ku akibat ulah virus sadis ini.

Anonim mengatakan...

Akhirnya data anak saya juga kena sama virus ini.. help !!!!

Anonim mengatakan...

Kami juga menyediakan Jasa Memperbaiki Laptop bagi sobat-sobat semua yang bermasalah dengan laptopnya.

Atau kalian yang ingin belajar SEO dengan harga terjangkau, bisa menghubungi Jasa SEO Murah

Dan kalian yang sedang mencari obat herbal, kami juga menyediakannya di Obat Herbal Alami

D'Kaos 80 mengatakan...

jika ada yang kena virus ini bisa hub. email saya di dkaos80@gmail.com
nanti saya bantu

Fadila (변백현) mengatakan...

Alhamdulillah akhirnya tuntas juga permasalahan virus ini.

Acenkcom mengatakan...

Blog sudah di Update tinggal dibaca lagi, semoga bermanfa'at

Unknown mengatakan...

mantap gan... tapi ada beberapa file yg corup gan, gara2 ane rubah extensinya pas dari .vvv ke extensi (doc) ms.word

febiansyah blog saya mengatakan...

hari saya kena.. virus salan.. setah d cek saya harus byr 500USD buat dapet serial key nya!! hilang smua data umat!!
yang disesalkan data anak" yatim dan penerimma bantuan bea siswa.. smoga kalian yang jahat ini mendapat balasa yang setimpal amieen!!

Posting Komentar

 
#
#
arrow-right